Langsung ke konten utama

MANIPULASI DATA



Kuliah Algoritma Pemograman Qbasic


Postingan kali ini adalah tugas individu Kuliah Algoritma Pemograman Qbasic. Dari sekian banyak materi yg telah diberikan, saya akan mereview materi dari manipulasi data string. Selamat membaca \(^0^)/


MANIPULASI DATA

       Manipulasi data merupakan proses pengolahan data menjadi informasi yg lebih berguna. Manipulasi data biasanya dapat menambahkan,menghapus,menyisipkan,mengganti dan menarik informasi tertentu.

Pada Q-basic, manipulasi data ada dua macam, yaitu manipulasi string dan manipulasi aritmatika.

1.    Fungsi-funsgi string (Manipulasi String)

a.   LEN

LEN digunakan untuk menghitung panjang dari suatu ungkapan string. Artinya, len berfungsi untuk menghitung seberapa banyak jumlah karakter pada suatu kata. Dengan menggunakan len kita dapat mengetahui seberapa banyak karakter dalam suatu kata.

Contoh :

Input “nama anda : “, nama$

Print “panjang nama anda adalah”;len(nama$);”karakter

Maka outputnya akan seperti ini:

Nama anda : anggun putri

Panjang nama anda adalah 12 karakter

Semua karakter  akan terhitung, termasuk juga spasi. Jadi “anggun putri” adalah panjangnya 12 karakter.


b.   LEFT

LEFT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dimulai dari posisi paling kiri. Jadi suatu karakter akan terambil dari awal huruf yg ada disebelah kiri.

Contoh :

Input “masukan nama : “, A$

C$ = left$(A$,3)

         Print : 3 karakter nama depan anda adalah “;C$
Maksud dari c$=left$(A$, 3) adalah kita mengambil 3 karakter pada variabel A$ dari posisi yg pastinya paling kiri.

Dan outputnya akan seperti ini:

Masukan nama : anggun putri kholifah

3 karakter nama depan anda adalah ang


c.    RIGHT

RIGHT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari mulai posisi paling kanan. Jadi suatu karakter nantinya akan terambil dari posisi awal yg adanya paling kanan.

Contoh:

Input :masukan nama: “,A$

C$ = right$(A$,3)

Print “3 karakter nama belakang anda adalah “; C$

Maksud dari c$ = right$(A$,3) adalah kita mengambil 3 karakter pada variabel A$ dari posisi paling kanan.

Maka outputnya akan seperti ini:

Masukan nama: anggun putri kholifah

3 karakter nama belakang anda adalah fah


d.   MID

MID digunakan untuk mengambil sejumlah karakter ditengah dan dimulai pada posisi tertentu. Jadi kita menentukan pada posisi mana kita ingin mengambil karakter dan seberapa banyak karakter yg ingin kita ambil.

Contoh:

Input “Masukan nama : ”,A$

C$ = mid$(A$,8,3)

Print “3 karakter nama tengah anda adalah “;C$



Maksud dari C$ = mid$(A$,8,3) adalah variabel C$ mengambil 3 karakter pada variabel A$ dimulai dari posisi karakter ke 8.

Maka outputnya seperti ini:

                 Masukan nama: anggun putri kholifah

                 3 karakter nama tengah anda adalah put




e.   VALUE(VAL)

Val berfungsi untuk mengubah data string menjadi data numerik atau merubah tipe data string menjadi integer jadi angka dapat dijumlahkan/dioperasikan.

Contoh:

a$="100"
b$="200" 
a=val(a$)
b=val(b$)
print "a=",a$
print "b=",b$ 
print "a+b=",a+b
Maksud dari a=val(a$) adalah merubah variabel a$(string) menjadi variabel a(numerik).

Maka outputnya akan seperti ini :
a=100
b=200
a+b=300



f.  STR

STR digunakan untuk mengubah data numerik menjadi string. Jadi data tidak dapat dijumlahkan/dioperasikan lagi.

contoh :
a%=100
b%=200
a$=str$(a%)
b$=str$(b%)
print a$+b$


Maksud dari a$ = str$(a%) adalah untuk merubah variabel a%(integer) menjadi a$(string).

Maka outputnya akan seperti ini :
100  200



g. ASC

ASC digunakan untuk mengubah dari karakter ke kode ascii. Misalnya data string pada suatu kata terdapat lebih dari satu karakter, karakter yg diambil atau dilihat cuma karakter pertamanya aja.

Contoh :

          jadi misalkan "universitas", walapun "universitas" terdiri lebih dari satu karakter yg dilihat hanya karakter depanya aja yaitu "u".       

Maka outputnya akan seperti ini :


h.   CHR

CHR digunakan untuk mengubah dari kode ascii ke karakter. Jika kita memasukan kode ascii pasti akan terlihat kode tersebut untuk karakter yg mana.

Contoh:


Maka outputnya akan seperti ini:



sekian review dari materi manipulasi data string, semoga bermanfaat. terimakasih O=)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan Dan Kekurangan PT.Indofood Makmur Karna Menggunakan Bentuk Organisasi Garis&Staff

Ke lebihan  penggunaan bentuk organisasi garis dan staf: 1.  Asas kesatuan komando tetap ada. Pimpinan tetap dalam satu tangan. 2.  Adanya tugas yang jelas antara pimpian staf dan pelaksanaan. 3.  Tipe organisasi garis dan staf fleksibel (luwes) karena dapat ditempatkan pada organisasi besar maupu n  kecil. 4.  Pengembalian keputusan relatif mudah, karena mendapat bantuan/sumbangn pemikiran da ri staf. 5.  Koordinasi mudah dilakukan, karena ada pembagian tugas yang jelas. 6.  Disiplin dan moral pegawai biasanya tinggi karena tugas sesuai dengan spesialisasinya 7.  Bakat pegawai dapat berkembang sesuai dengan spesialisasinya. 8.  Diperoleh manfaat yang besar bagi para ahli Kelemahan-kelemahan dari bentuk Organisasi garis dan staf: 1.  Kelompok pelaksana terkadang bingung untuk membedakan perintah dan bantuan nasihat. 2.  Solidaritas pegawai kurang, karena adanya pegawai yang tidak saling mengenal. 3.  Sering terjadi persaingan tidak sehat, karena masing-masing meng

Struktur Organisasi PT.Indofood Makmur

Sumber : http://dirayatihanifah.blogspot.co.id/2014/03/manajemen-bisnis-2.html http://ikhsanrifaldi.blogspot.co.id/2013/11/organisasi-pada-perseroan-terbatas-pt.html

3.C. DESAIN DAN STRUKTUR ORGANISASI

STRUKTUR ORGANISASI adalah pola tentang hubungan antara berbagai komponen dan bagian organisasi. Pada organisasi formal struktur direncanakan dan merupakan usaha sengaja untuk menetapkan pola hubungan antara berbagai komponen, sehingga dapat mencapai sasaran secara efektif. Sedangkan pada organisasi informal, struktur organisasi adalah aspek sistem yang tidak direncanakan dan timbul secara spontan akibat interaksi peserta.   Struktur organisasi-organisasi memberikan kerangka yang menghubungkan wewenang karena struktur merupakan penetapan dan penghubung antar posisi para anggota organisasi. Jika seseorang memiliki suatu wewenang, maka dia harus dapat mempertanggungjawabkan wewenangnya tersebut. TIGA DIMENSI STRUKTUR ORGANISASI Kompleksitas : Mempertimbangkan tingkat diferensiasi yang ada dalam organisasi termasuk di dalamnya tingkat spesialisasi atau tingkat pembagian kerja, jumlah tingkatan di dalam hirarki organisasi serta tingkat sejauh mana unit-unit organisasi tersebar sec